Kamis, 04 April 2013

Media Senbatsu

Apaan tuh Senbatsu? Senbatsu merupakan istilah yg dipakai dalam AKB48 untuk menunjuk pada member2 yg masuk ke dalam video klip promosi single (baca: PV). Tau kan jumlah member AKB itu ada banyak.. ga mungkin dong kesemua membernya bisa masuk video berdurasi 4-5 menit dan di close-up satu2. Karena itu manajemen AKB memutuskan untuk memilih beberapa member (biasanya sekitar 16-20an member) yg “dianggap” dapat mewakili AKB48 secara keseluruhan.

 Dari awal dibentuk, susunan member2 senbatsu ini kebanyakan tidak banyak berubah. Baru untuk pemilihan single ke-13 di tahun 2009 (Iiwake maybe), manajemen mengumumkan bahwa member senbatsu dapat dipilih sesuai voting dari fans. Member yg mendapatkan voting terbanyak otomatis dinobatkan sebagai center senbatsu dalam single yg dimaksud. Ajang pemilihan senbatsu (atau biasa disebut Senbatsu Sosenkyo) ini untuk selanjutnya diadakan tiap 1 tahun sekali dan dianggap sangat berarti oleh member2 AKB48 sendiri, karena pemilihan berdasarkan voting dari fans menunjukkan seberapa besar popularitas mereka di dalam grup (yah, ini baru namanya persaingan di tengah2 persahabatan).

 Uniknya, di saat AKB48 semakin populer, manajemen menemukan cara baru untuk memilih member2 yg masuk PV secara adil: lewat SUIT JEPANG (alias Janken Taikai).

 Yup, mereka semua diikutsertakan dalam kompetisi suit jepang untuk mendapatkan 16 orang pemenang yg nantinya akan masuk dalam PV selanjutnya. Ga tanggung2, acara ini diselenggarakan di Budoukan (tempat konsernya artis2 besar…). Dengan begini semua member memiliki kesempatan untuk bisa masuk dalam PV (terutama untuk mereka yg belum pernah sekalipun masuk senbatsu). Janken Taikai sendiri baru sekali dilaksanakan pada tahun lalu untuk menentukan member2 yg masuk PV dalam single ke-19 (Chance no Junban). Hasil penjualan single-nya? masih tetap menguasai peringkat no.1 oricon…

0 komentar:

Posting Komentar